Contoh Makalah Presentasi
PEMANFAATAN
KAIN PERCA MENJADI GARMEN BERNILAI JUAL TINGGI[1]
Oleh
Zinata Dara Moerdani[2]
NPM : 16030072
Abstrak
Karya
tulis ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang
peluang usaha sederhana dan menguntungkan. Apabila kita melihat dengan cermat
lingkungan tempat tinggal kita, hampir dapat di pastikan kita dapat mengetahui
peluang-peluang bisnis yang ada. Di dalam karya tulis ini akan dijelaskan
tentang membangun usaha kerajinan kain perca. Pemanfaatan kain perca dari modal
yangsedikit dimanfaatkan dengan cara daur ulang menjadi sebuah garmen yang
memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan dipaparkannya teknik dalam pembuatan
perca serta referensi produk yang akan diciptakan, kita dapat menciptakan
produk sesuai inovasi dan kreatifitas kita sendiri. Setelah adanya produk,
dijelaskan pula manajemen yang tepat agar keuntungan yang didapat sebanyak-banyaknya.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Indonesia merupakan
salah satu negra dengan penduduk yang banyak di Asia Tenggara dan menjadi
negara dengan penduduk terbanyak ke-4 se-Dunia, hal ini mengakibakan tingginya
kebutuhan-kebtuhan penduduknya salah satunya adalah kebutuhan sandang. Karena
tingginya kebutuhan sandang maka tentu banyak juga industri yang bergelut dalam
bidang sandang tersebut, yaitu
garmen. Hal tersebut mengakibatkan
banyanya pabdik dan tentu setiap pabrik mengasilkan buangan, salah satunyaadalah kain sisa produksi atau disebut kain
perca.Saat ini,Banyak kain perca yang
ditimbulkan pabrik industri garmen.
Namun, banyaknya kain perca yang ditimbulkan
pabrik garmen mengakibatkan banyaknya pabrik
yang menjualnya melalui
distributor ke berbagai industri yang memerlukan kain perca tersebut. Pabrikpun
menjual kain perca tersebut dengan harga
yang relatif rendah dengan hargajual per ton. Hal tersebutlah yang
mengakibatkan Rendahnya nilai jual garmen dari bahan perca .
Selain itu ada juga
beberapa pabrik yang membuang sisa kain perca karena dirasa tidak memiliki
manfaat lanjutan, ini biasanya adalah kain-kain sisa potongan yang ukurannya
kecil. Kain seperi ini biasanya ditimbulkan karena tingkat keefektifan pada
saat proses marker pabrik garmen nilainya sangat tinggi sehingga kain
buangannya berukuran kecil. Banyaknya
limbah industri tekstil yang dibuang mengakibatkan pencemaran, terutama
pada daerah pembuangnnya dan sulit untuk terurai.
Banyak orang belum
mengetahui cara pemanfaatan kain perca. Bahwa kain perca dipandang sebelah mata
dan merupakan limbah dari pabrik industri garmen . Tapi sebenarnya perca dapat
membalikan paradigma banyak orang bahwa perca dapat menjadi suatu hal yang
lebih bernilai.
Dengan keadaan
demikian, saya melihat adanya peluang
untuk menjadikan kain perca menjadi bernilai jual tinggi, apabila kita
bisa dengan kreatif memanfaatkannya. Kita bisa membeli bahan perca dari pabrik
dengan nilai jual rendah namun setelah dimanfaatkan dengan cara kreatif, akan
menjadikan garmen dengan harga jual yang tinggi.
Tulisan ini
dibuat untuk memberi gambaran kepada pembaca mengenai pemanfaatan perca,
mengenai cara-cara yang bisa ditempuh untuk mengubah perca menjadi garmen
bernilai jual tinggi. Selain itu agar pembca bisa memanfaatkan kain perca
sendiri setelah membaca tuisan ini untuk menambah pemasukan ekonomi pribadi.
Untuk
menginformasikan kepada pembaca bahwa perca dapat dijadikan garmen bernilai
jual tinggi, sehingga pembaca yang belum mengetahui menjadi tahu dan yang sudah
tahu bisa menerpkan cara yang terdapat pada karya ilmiah ini.
Diharapkan
setelah membaca buku ini,banyak orang yang tertarik memanfaatkan kain perca
dengan cara kreatif yang tertera pada karya ilmiah ini sehingga pembaca dapat
menerima kepuasan baik secara batin dan materi karena telah berhasil
memanfaatkan perca menjadi garmen bernilai jual tinggi sekaligus apabila garmen
tersebut dijual, akan mendapatkan materi tambahan yang bermanfaat.
Oleh karena itu,
saya mengajak pembaca memanfaatkan kain perca
melalui karya ilmiah ini. Dan efek yang ditimbulkanpun dapat
meminimalisir sampah buangan dari limbah pabrik garmen, yang secara tidak
langsung kitapun ikutserta melestarikan lingkungan dengan pembersihan limbah
industri.
Solusi yang
dapat dilakukan untuk masalah-masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan kain
perca digunakansecara kreatif menjadi
garmen bernilai jual tinggi oleh industri rumahan atau besar. Dengan tujuan Mengubah dan memanfaatkan kain perca menjadi
sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi dan memiliki manfaat. Adapun rumusan
masalah yang saya temukan ; 1) mengapa kain perca perlu untuk dimanfaatkan
kembali dan dijadikan garmen bernilai jual tinggi ? 2) bagaimana cara
memanfaatkan kain perca agar jadi garmen bernilai jual tinggi? 3) bagaimana
managemen pemasaran yang digunakan agar hasil produksi kain perca bernilai jual
tinggi.
Adapun
tujuan dari penulisan karya tulis ilmiah ini, yaitu; 1) menjelaskan bahwa kain
perca yang dijadikan garmen dapat bernilai jual tinggi. 2) memaparkan cara
pemafaatan kain perca.3) Mendeskripsikan managemen yang digunakan agar hasil
prodksi kain perca bernilai jual tinggi.
PEMBAHASAN
Kain
Perca Perlu Untuk Dimanfaatkan Kembali Dan Dijadikan Garmen Bernilai Jual
Tinggi
“Kain
perca merupakan sampah non organik buangan dari pabrik industri textil atau
industri rumahan “(Purnama,
Dedi, 2015 : 1 ) , yang bisa saja bermanfaat apabila didaurulang, sebagai
bentuk dari upaya mengurangi jumlah sampah yang ada di masyarakat. Kain perca juga dapat diolah menjadi produk yang
menghasilkan keuntungan.
Tingginya tigkat
kebutuhan penduduk indonesia terhadap keperluan sandang mengakibatkan industri
tekstil terus berkembang di tanah air. Hal tersebut tentu berdampak pada
banyaknya buangan dari pabrik-pabrik itu sendiri, salah satunya adalah kain
perca.
Salah satu cara yang
tepat untuk mengurangi limbah buangan pabrik tersebut adalah memanfaatkannya
kembali. Tetapi selain bisa dimanfaatkan kembali, jika dilihat dari peluang
bisnis yang ada, memanfaatkan kain perca pun bisa menghasilkan sesuatu yang
menguntungkan. Contohnya materi.
Bagi pelaku bisnis
tentu bisa terlihat peluang yang ada apabila menjadikan kain perca sebagai
salahsatu bisnis yang menjanjikan apabila dikemas dalam hal yang kreatif dan
bermanfaat. Kita bisa membeli atau memanfaatkan kain perca dengan modal yang
sedikit tapi menjadikannya menjadi yang lebih berniai dan dengan demikian kita
juga bisa memperoleh keuntungan atau laba yang sebanyak-banyaknya apabila
dikelola dengan baik.
Oleh karena itu, Kain
perca perlu dijadikan garmen bernilai jual tinggi. Disamping untuk mengurangi
limbah pabrik pemanfaatan kain percapun bisa menguntungkan bagi pelaku yang
memanfaatkan peluang bisnis dengan baik. Dan tentu apabila peluang tersebut
diambil maka bukan hanya keuntungan pribadi saja melainkan bisa menuntungkan
dan bermanfaat bagi banyak orang.
Cara
Memanfaatkan Kain Perca Agar Jadi Garmen Bernilai Jual Tinggi
Ada banyak cara yang
dapat kita manfaatkan untuk dapat mengubah atau mendaurulang kain perca menjadi
sebuah garmen yang memiliki nilai, baik estetika ataupun manfaat untuk
menghasilkan nilai jual yang tinggi tentunya.
Semua cara bisa
dilakukan dan setiap orang bisa melakukannya apabila kita tahu bagaimana cara
melakukannya. Namun yang menjadi pembeda antara satu dengan yang lainnya adalah
ciri khas atau karakteristik pembuat yang diaplikasikan kepada produknya.
Untuk membuat suatu
produk yang memiliki karakteristik dan berkesan dihati konsumen nantinya. Kita
haus memberikan sentuhan berbeda kepada produk yang akan kita buat, harus beda
dari yang lain, bermanfaat, dan dilihat dari segi estetiknya pun harus cantik,
karena apabila produk terlihat cantik , menarik dan sedang dibutuhkan maka
konsumen akan dengan senang hati membeli produk kita. Itulah kesan yang harus
ditekankan pada bagaimana membuat perca menjadi garmen bernilai jual tinggi.
Teknik
Menjahit Kain Perca
Sebelum beranjak ke produk apa yang akan kita buat
dengan kain perca, kita tentu harus mengenal dulu bagaimana cara memperlakukan
kain perca tersebut agar bisa diubah ke berbagai bentuk garmen nantinya. Cara
paling sederhana adalah memilih kain dan memadu-padankan dengan kain perca yang
lain agar apabila nanti dijait, warna akan senada. Selanjutnya adalah cara
menjahit. Dalam membuat kerajinan dari bahan perca ada beberapa teknik
menjahit, yaitu
1.
Teknik
Patcwork, teknik ini adalah tekni
menggabungkan kain perca sesuai dengan alur potongnya dan dijahit lurus.
2. Teknik Applique, teknik ini jauh berbeda dengan teknik patcwork, disini, kain perca hanya
menjadi hiasan saja. Dengan kata lain teknik ini bisa disebut sebagai teknik
membuat motif dari kain perca. Motif akan ditempel pada kain yang utuh sebagai background-nya
3.
Teknik
Quilting , teknik ini adalah teknik
memberi pelapis atau interlining berupa
busa agar hasil produk yang dihasilkan terlihat lebih tebal.
Referensi
Produk Garmen Dari Bahan Perca.
1. Jas dan Blazer
2. Sepatu Bayi
3. Seprai
4. Gorden
5. bros
6. Tikar Karpet
7. Sarung Bantal
Penerapan
Manajemen Pemasaran Agar Hasil Prodksi Kain Perca Bernilai Jual Tinggi.
Setelah kita mengetahui bagaimana cara dan teknik membuat
produk dari bahan perca, dan kita telah memilih produk mana saja yang akan
dibuat. Tentu langkah selanjutnya adalah proses produksi. Dalam melakukan
proses produksi, kita dapat lakukan di rumah dengan menyerap tenaga kerja baru.
karena pengerjaan yang sederhana. Itu adalah langkah awal kebermanfaatan
hadirnya bisnis yang akan kita lakukan. Apabila dilakukan dengan manajemen yang
baik bisa saja bisnis akan maju dan membuka industri baru.
Ada beberapa hal yang
harus dilakukan setelah produksi, yaitu merencanakan alur selanjutnya agar kita
dapat menerima manfaat dan memberikan mnfaat yang sebanyak-banyaknya dari
lingkungan sekitar. Salah satu yang harus kia pahami adalah mengenai manajemen
pemsaran.
“Manajemen pemasaran
adalah suatu usaha untuk merencanakan ,mengimplementasikan (yang terdiri dari
kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir) serta mengawasi atau
mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan
organisasi secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada
kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan
lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk
merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.”
(Setiawan,Budi.2011 :2)
Apabila
kita telah mengetahui produk yang kita miliki tentu kita memiliki sasaran yang
akan kita selami. Apabila produk telah dijual berarti kita telah masuk ke dunia
pasar yang sesungguhnya karena dalam pasar yang sesungguhnya terjadi adalah
persaigan. Dan apabila kita memiliki strategi maka ada peluang besar berpihk
pada kita untuk memenangkan persaingan apabila kita mengert strategia apa yang
akan kita gunakan.
Adapun 12
konsep inti dari pemasaran yang bisa diterapkan ketika melakukan penjualan
produk hasil dari kain perca. Beberapa konsep ini akan membantu kita dalam
proses manajemen pemasaran agar memperoleh hasil atau keuntungan yang
sebesar-besarnya.
1)Keinginan, 2) Permintaan,3)
Keinginan, 4) Produk (Organisasi, Jasa, Ide),
4) Nilai Pelanggan, 5)Kepuasan
Pelanggan, 6) Mutu, 7)Pertukaran, 8) Transaksi , 9)Hubungan, 10) Jaringan, 11) Iklan, 12) Pemasar Dan Calon Pembeli.
Dengan telah menciptakan produk
dan menerapkan manajemen pemasaran yang tepat, dengan demikian kita telah
mengubah bahan perca yang awalnya merupakan limbah pabrik, menjadi suatu garmen
yang memiliki nilai jual tiggi dan bermanfaat dengan keberadaannya.
PENUTUP
Kesimpulan
Kain perca perlu didaur ulang kembali menjadi
garmen karena banyaknya limbah buangan pabrik tekstil berupa kain perca dan
dengan mendaur ulang ada beberapa manfaat yang didapatkan yaitu mengurangi limbah pabrik sebagai upaya
melestarikan lingkungan, membuka lapangan pekerjaan dan manfaat keuntngan untuk
diri sendiri berupa keuntungan materi yang didapatkan.
Cara memanfaatkan kain perca agar
menjadi garmen bernilai jual tinggi adalah dengan mengetahui teknit teknik
penjahitannya. Dan apasaja produk yang bisa dibuat setelah kita mengetahui cara
pembuatanya. Dengan demikian kita dapat menciptakan produk sendiri sesuai
dengan inovasi dan kreatifitas kita sendiri.
Dengan telah diciptakannya produk
sendiri dari kain perca, tentu apabila kita menginginkan keuntungan yang
sebesar-besarnya maka harus ada rencana yang disiapkan. Rencana tersebut adalah
Manajemen pemasaran yang tepat dan sesuai dengan keadaan pasar yang akan
menjadi sasaran dalam penjualan produk.
DAFTAR PUSTAKA
Wisnu,wakid.
2012. Bisnis Kerajinan Kain Perca.
[online] .1 . Tersedia : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=93198&val=4999 [2016, 22 Desember]
Shinta,
Agustina. 2011. Perpustakaan
Nasional : Katalog dalam Terbitan (KDT) MANAJEMEN PEMASARAN. [online].1.2-9.
Tersedia :http://shinta.lecture.ub.ac.id/files/2012/11/Manajemen-Pemasaran-Agustina-Shinta.pdf[2016, 22Desember]
Komentar
Posting Komentar